Pemkab Trenggalek Bertekad Kembangkan Tata Kelola Lingkungan, Ini Inovasinya

Suasana Pemkab Trenggalek berdiskusi bahas tata kelola lingkungan
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Trenggalek, VIVA Jatim-Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berupaya mengakselerasi pembangunan melalui strategic maping bersama Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH).

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Tata lingkungan ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek berupaya mewujudkan sebagai daerah yang indah, nyaman, bersih dan sehat. Salah satu upaya untuk mewujudkan keindahan, akan dilakukan penataan kable menggunakan cable ducting hingga pedestrian yang mempunyai jalur sepeda dengan protected bike lane (perlindungan jalur sepeda). 

"Melalui jalur yang menarik, berwarna warni dilengkapi protected bike lane, membuat warga masyarakat tertarik mencobanya. Sebab warga merasa sangat-sangat terlindungi menggunakan jalur ini," terang Mochamad Nur Arifin, Selasa, 23 Januari 2024.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Mas Ipin, sapaan akrabnya bupati muda ini mengaku penggunaaan sepeda ikut menjadi edukasi pola hidup sehat. Sekaligus biaya hidup murah karena mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Namun, ia menyayangkan kesadaran warga masih belum maksimal melalui jalur sepeda yang ada. Tidak sedikit masyarakat yang menganggap jalur sepeda tersebut sebagai jalur parkir. 

Pemkab Trenggalek Gelar Halal Bihalal, Pesan Bupati Arifin: Harus Bisa Bermanfaat

Selain itu, alumnus Universitas Airlangga ini menambahkan bahwa tata keindahan kota kedepan mampu mendukung Pasar Pon sebagai HUB disektor pariwisata. Sebab rencana kedepan akan ada Bus Pariwisata dengan Jalur Pasar Pon-Durenan-Prigi serta jalur Pasar Pon-Dongko-Panggul.

"Kedepan tidak ada lagi parkir kendaraan bermotor di Pasir Putih dan Simbaronce. Semuanya dipusatkan di Pantai Prigi. Bagi wisatawan disiapkan penyewaan sepeda gratis serta feeder wisata," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title