Ajak Teladani Mbah Hasyim, Ketua Bawaslu Jatim Minta Warga NU Jaga Persatuan

Ketua Bawaslu Jawa Timur, A Warits
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Timur, A Warits mengajak kepada warga NU untuk meneladani sang pendiri, Hadratussyeikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari atau Mbah Hasyim. Menurutnya, Mbah Hasyim adalah sosok ulama yang mampu mempersatukan umat Islam Indonesia.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

"Bahkan bukan hanya penggerak dan pendiri NU. Mbah Hasyim ini juga sangat berjasa besar dalam merajut persatuan umat Islam di Indonesia. Juga berjasa besar dalam mempersatukan bangsa, negara dan kemanusiaan," ujarnya saat ditemui usai acara Tadarus Pemikiran Hadratussyeikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari yang digelar PCNU Sumenep di Aula Kemenag Sumenep, Minggu, 28 Januari 2024.

Ide dan gagasan persatuan Mbah Hasyim itu, lanjut A Warits, kemudian disyiarkan oleh para santrinya. Salah satunya oleh Kiai Mahfud Shiddiq, yang mencetuskan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariah, ukhuwah nahdliyah dan ukhuwah sunniyah.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

"Inilah yang perlu kita pegang teguh. Apalagi di dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan yang sebentar lagi akan kita lewati bersama," tambah alumni Pesantren Tebuireng Jombang itu.

Pemilihan Umum (Pemilu), menurut Warits, adalah sarana atau cara untuk melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan yang berjalan dalam kurun waktu lima tahun. Karen itu rakyat diberikan hak untuk memilih pemimpin.

Silaturahmi Ramadan, Ketua NU Jatim Ajak Jaga Persatuan Bangsa

"Maka jangan sampai kesatuan dan persatuan bangsa kita pecah tercerai-berai. Mari kita teladani pola pikir dan sikap Mbah Hasyim Sang pendiri NU itu," tandasnya.