Kongres Ansor di Kapal Laut bukan yang Pertama, PKNU Dulu Pernah Lakukan

Kapal Pelni KM Kelud lokasi Kongres XVI GP Ansor
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bakal menggelar Kongres XVI pada 2 Februari 2024 mendatang. Uniknya, acara regenerasi organisasi itu digelar di Kapal Pelni KM Kelud yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Titah Ketum Addin Jauharudin soal Konferwil Ansor Jatim: Harus Satu Komando!

Kendati demikian, kongres di atas kapal laut yang dilakukan Ansor ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, tahun 2010 silam pernah dilakukan juga pada Muktamar Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU). Kala itu, Ketua Umum Tanfidz PKNU dijabat oleh Choirul Anam.

Cak Anam, sapaan akrab Choirul Anam mengatakan bahwa inovasi itu dilakukan karena ingin lebih irit biaya namun berhasil menjadi pusat perhatian pegiat media. Karena keunikan dan ketidakbiasaanya. 

GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

Muktamar PKNU di Kapal Laut pada 2010 silam

Photo :
  • Istimewa

"Kami partai kecil, kalau gak kayak gini, mana ada media mau meliput. Bayar iklan itu mahal, makanya harus cari yang unik," kata Cak Anam dikutip dari berbagai sumber. 

Ustaz Basalamah Sudah 5 Kali Ceramah di Masjid Assalam Surabaya sebelum Ditolak Ansor

Atas keunikan dan kelangkaan acara tersebut, Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada PKNU. Ia tercatat mendapatkan rekor MURI yang ke-4639. 

Kongres GP Ansor Wujud Kebangkitan Bangsa Maritim

Halaman Selanjutnya
img_title