100 Pasien Katarak Bakal Operasi Gratis di Klinik Mata KMU Trenggalek

Bupati Trenggalek bersama Founder Klinik Mata KMU.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Penderita katarak di Trenggalek masih banyak menjadi perhatian dari salah satu klinik untuk mengoperasi secara gratis. Ada 100 penderita yang menerima operasi gratis di Klinik Mata Utama (KMU) di Trenggalek.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Founder Klinik Mata Utama (KMU), dr Uyik Unari mengatakan bakti sosial dilakukan screening terlebih dahulu, baru akan melakukan operasi mata katarak gratis kepada 100 penderita. Serta pembagian kacamata gratis, baik plus minus untuk anak-anak sekitar 500an.

"Karena baksos itu kegiatan kita sehari-hari. Baksos sudah berjalan ada 100 penderita yang sudah dioperasi 10. Nanti kita akan melakukan secara bertahap setiap hari," ujar dr Uyik Unari, Kamis, 1 Februari 2024.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Ia mengaku ke depan juga bakal bekerjasama dengan puskesmas. Pasalnya tidak hanya sebatas seremonial grand opening, namun akan setiap saat melakukan bakti sosial.

Selain operasi katarak, perempuan alumnus Pendidikan Spesialis Mata FK Universitas Airlangga ini juga akan melakukan pelayanan seperti pemeriksaan kecamata, glukoma, retina dan lain-lain.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

dr Uyik mendirikan cabang di Trenggalek beralasan meskipun sudah ada dua klinik, ia beranggapan karena kebutuhan untuk mengobati katarak di Jawa Timur masih terbilang tinggi. Umumnya masih tinggi se-Asia Tenggara, sekitar 4 persen dari jumlah penduduk 50 tahun keatas terjadi kebutaan.

"Dan 80 persennya katarak yang sebenarnya bisa dicegah dengan operasi. Faktor-faktornya karena usia, katarak itu seperti uban," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title