12 Proyek yang Dicoret Pemerintah, Ada Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Ilustrasi Proyek Strategis Nasional di wilayah selatan
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membatalkan 12 proyek yang terdaftar dj Proyek Strategis Nasional (PSN) pada 2023. Beberapa proyek yang dicoret itu di antaranya Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya hingga jalan tol di Sumatera.

Realisasi Investasi di Tulungagung Masih 153 Miliar dari Target 400 Miliar

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian, Suroto mengatakan ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 8/2023, tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

"Jadi Permenko 8/2023 memang ada 12 PSN yang dikeluarkan dari daftar PSN. Daftarnya ada pembangunan Pelabuhan Ambon Baru, Kereta Api Cepat Jakarta Surabaya yang Semi Cepat, kawasan industri, pembangunan jalan tol," ujar Suroto, dikutip dari VIVA, Rabu, 7 Februari 2024.

Proyek Strategis Nasional Prioritaskan Tol Kediri-Tulungagung Daripada Agungblijen

Suroto menegaskan, meskipun 12 proyek itu sudah dikeluarkan dari PSN, proyek itu tetap dilanjutkan dengan program reguler.

"Walaupun keluar dari daftar PSN, jalan tol dan lain-lain tetap dijalankan dengan menggunakan regular, tidak dapat fasilitas PSN,” jelasnya.

Koalisi Masyarakat Sumbar Kecam Aksi Polisi Bersepatu Masuk Masjid Usir Paksa Pendemo

Adapun hingga akhir 2023 sebanyak 190 PSN telah selesai dibangun oleh Pemerintah. Dari 190 proyek itu, total nilai investasi mencapai Rp 1.515,4 triliun.

Berikut daftar 12 proyek yang dikeluarkan dari PSN:

Halaman Selanjutnya
img_title