Warga Rusun Gunung Sari Surabaya Geruduk Kantor DPRKPCK Jatim, Ada Apa?

Warga Unjuk Rasa
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah orang mengaku penghuni Rumah Susun (Rusun) Gunung Sari, menggeruduk kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKPCK) Provinsi Jawa Timur di  Jalan Gayung Kebonsari, Kota Surabaya, Rabu 7 Februari 2024.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Mereka berdemo, menuntut pemerintah karena sudah tiga bulan ini Rusun tidak teraliri listrik.

Koordinator aksi, Bayu Kuntoro (42) mengatakan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memutus pasokan listrik ke unit-unit Rusun yang mereka tinggali.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

"Kami warga yang tinggal di Rusun Gunung Sari ini, sudah tiga bulan listrik dipadamkan. Tiga bulan ini tidak ada listrik, [bayarnya] nunggak. Kita nggak mampu bayar," katanya di lokasi unjuk rasa.

Ia mengungkapkan, semenjak kepindahaannya ke Rusun Gunung Sari paska penggusuran pada tahun 2009, lalu. Eks warga bantaran Kali Jagir, Kota Surabaya berjumlah 175 kepala keluarga itu semakin susah mencari nafkah. Sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan hidup, termasuk membayar tagihan listrik.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Untuk itu, ia bersama belasan warga yang lain memutuskan berunjuk rasa sejak hari Selasa, 6 Februari 2024 kemarin, di depan Kantor DPRKPCK Jatim supaya pemerintah memerhatikan nasib mereka.

Lantaran sampai detik ini tak satupun pejabat DPRKPCK Jatim bersedia menemui mereka, Bayu terpaksa mengungkit-ungkit kebijakan penggusuran warga Kali Jagir semasa Gubernur Soekarwo.

Halaman Selanjutnya
img_title