Polda Jatim Beri Bantuan Kesehatan bagi Petugas KPPS dan Pam Pemilu 2024

Tenaga medis dari Polda Jatim layani kesehatan petugas jaga TPS
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim –Kepolisian Daerah Jawa Timur memberi bantuan kesehatan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun petugas jaga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang merasa sakit karena kelelahan selama bertugas.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Bantuan kesehatan diberikan oleh anggota Polda Jatim Bidang Kedokteran dan Kesehatan serta tenaga medis dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun petugas kesehatan yang ada di Rumah Sakit Bhayangkara se-Jawa Timur. 

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh petugas pengamanan TPS," ujar Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi dokter Erwin Zainul Hakim, Kamis, 15 Februari 2024.

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara masif di tiap-tiap TPS. Apabila terdapat petugas KPPS maupun petugas jaga yang perlu mendapat perawatan medis, maka akan dirujuk ke layanan kesehatan milik Polri. Sehingga perannya di TPS akan diganti petugas lain.

Sedangkan bagi petugas KPPS maupun petugas jaga yang perlu berobat jalan, akan dipantau oleh Seksi Kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara hingga sembuh.

PAN Masih Enggan Sebut Emil Dardak Bakal Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

Menurut Erwin, untuk memberi layanan kesehatan ini pihaknya bekerja sama dengan masing-masing Dinas Kesehatan yang ada di kota maupun kabupaten setempat.

"Kami juga lakukan patroli kesehatan, home visit, hospital visit, telemedicine untuk petugas pengamanan TPS dengan melibatka delapan Rumah Sakit Bhayangkara se-Jawa Timur dan 46 FKTP Polri di Polda Jatim," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title