Puluhan Makam Terdampak Tol Probowangi Dibongkar, Ahli Waris Pasrah

Puluhan warga melakukan pembongkaran dan pemindahan makam terdampak tol Probowangi.
Sumber :
  • Istimewa

Situbondo, VIVA Jatim –Puluhan makam terdampak pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi, yang berada  di Desa Belimbing Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, dibongkar dan dipindahkan.

Khawatir Makin Parah, 2 Korban Luka KA Probowangi Tabrak Elf Belum Bisa Dibawa ke Surabaya

Ahli waris yang mengetahui makam leluhurnya dipindahkan satu persatu hanya bisa pasrah dan tidak bisa berbuat banyak.

Menurut Hafid, salah seorang aktivis di Kecamatan Besuki, pembongkaran 51 makam tersebut hingga saat ini belum mendapatkan kejelasan terkait kompensasi pembongkaran makam bagi pihak keluarga.

EWS Mati di Lokasi Kecelakaan KA Probowangi Lawan Elf, Kadishub Jatim: Kewenangan Pemkab Lumajang

"Pihak keluarga hingga saat ini belum mengetahui berapa besar uang kompensasi yang akan diterima dengan pemindahan makam tersebut," ujarnya dikutip dari RRI pada Kamis, 22 Februari 2024.

Jika bercermin dengan pemindahan makam terdampak tol di Desa Ketah, Kecamatan Suboh, maka tiap makam akan mendapatkan uang kompensasi sebesar Rp6 juta. Namun untuk pemindahan makam di Desa Belimbing ini belum ada kejelasan dari pihak tol.

Dirlantas Polda Jatim Ungkap Kondisi TKP Kecelakaan Kereta Api Vs Minibus di Lumajang

“Warga banyak yang bertanya. Karena banyak informasi yang mengatakan bahwa satu makam antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. Jadi belum ada kepastian," bebernya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Desa Blimbing, Besuki, Slamet saat dihubungi mengaku tahapan pemindahan makam tidak ada masalah yang cukup besar. 

Halaman Selanjutnya
img_title