Pengajian Ustaz Basalamah di Surabaya Dibubarkan Banser gegara Langgar Kesepakatan

Kericuhan antara jemaah Syafiq Riza Basalamah dengan Banser.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ratusan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) membubarkan pengajian yang diisi oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Kota Surabaya, Kamis, 22 Februari 2024. Hal itu dilakukan karena jemaah Ustaz Basalamah dinilai telah melanggar kesepakatan.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Ketua GP Ansor Gunung Anyar, Asyiqun mengatakan, kericuhan terjadi buntut dari pelanggaran kesepakatan yang telah dibuat antara jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan warga Nahdlatul Ulama di wilayahnya.

Dimana keduanya bersepakat, bahwa pengajian yang menghadirkan Ustaz Syafiq Riza Basalamah sebagai penceramah di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, dibatalkan.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Kesepakatan itu dibuat di Kantor Kepolisian Sektor Gunung Anyar, beberapa jam sebelum pengajian digelar. Namun rupanya, panitia pengajian tetap ngotot akan menggelar kegiatan usai waktu Isya. Sehingga anggota Banser berusaha mendatangi lokasi acara untuk membubarkan.

Kedatangan gerakan pemuda Ansor itu lalu disambut dengan perlawanan dari jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang telah memenuhi area masjid untuk mengikuti pengajian.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"Anggota kita dikeroyok oleh tiga orang. Mereka melanggar kesepakatan kita yang dimediasi di Polsek Gunung Anyar bersama Kecamatan dan mereka benar-benar membohongi kita, mereka mengelabui kita," ujar Asyiqun.

Saat pengeroyokan itu, situasi sempat mencekam. Beruntung aparat kepolisian sigap meredam suasana sehingga kericuhan tidak berlanjut.

Halaman Selanjutnya
img_title