Pengelola Masjid Assalam Surabaya Tampik Ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah Provokatif

Ibnu Arly Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Pihak Yayasan Masjid Assalam selaku pengelola tempat ibadah di komplek Purimas, Gunung Anyar, Kota Surabaya, menampik tudingan Gerakan Pemuda Ansor yang menyebut ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah selalu bernada provokatif sehingga dilarang menggelar pengajian di Gunung Anyar.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

Ibnu Arly selaku Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Surabaya menegaskan, ustaz salafi yang juga anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad tersebut tak sekali dua kali berceramah di wilayahnya.

"Beliau [Ustaz Syafiq Riza Basalamah] sudah lima kali pengajian di Masjid Assalam ini. Baik itu memberikan ceramah kutbah Salat Jumat maupun ceramah-ceramah pada umumnya," kata Ibnu Arly, Jumat, 23 Februari 2024.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI: Ustaz Syafiq Basalamah Belum Berstandar Pendakwah

Dan selama memberikan tausiyah keagamaan itu dikatakannya, Ustaz Syafiq Riza Basalamah tak pernah sekalipun melontarkan kalimat bernada provokatif, memecah belah kerukunan antar umat beragama. Apalagi kepada sesama muslim.

"Kalau ceramahnya provokatif saya rasa tidak ada, tidak ada sama sekali," lanjutnya.

GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

Kendati demikian, ia mengatakan, urusan menilai isi ceramah tokoh agama tergantung persepsi masing-masing orang. Semuanya kembali kepada jemaah bagaimana menyikapinya. Namun yang pasti kata dia, Ustaz Syafiq Riza Basalamah adalah sosok yang sangat berkompeten dalam bidang keagamaan.

"Karena seperti Ustaz UAS [Ustaz Abdul Somad], Adi Hidayat, beberapa ustaz-ustaz yang terkenal itu. Mereka tahu apa yang harus dikatakan, mungkin nggak akan dengan mudahnya kepeleset omongan karena mereka itu Masya Allah, mereka itu sudah memberikan keistimewaan kepada ustaz-ustaz yang terbiasa dengan ribuan jemaah. Termasuk Ustaz Syafiq juga, beliau ini sekelas internasional, masa sih salah ngomong," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title