Gresik Terapkan Imunisasi Covid-19 Berbayar di 2 Rumah Sakit, Masyarakat Rentan Gratis di Puskesmas

Ilustrasi vaksinasi di Gresik
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim –Vaksin Covid-19 mulai dilakukan secara berbayar per tanggal 1 Januari 2024 lalu. Sebab, program vaksinasi Covid-19 gratis telah berakhir sejak 31 Desember 2023 lalu.

Peringati HPN 2024, PWI Gresik Gelar Baksos Kesehatan dan Penghijauan

Dengan demikian, saat ini sudah diberlakukan bahwa Vaksin Covid-19 ditetapkan sebagai imunisasi program dan imunisasi pilihan.

Oleh karenanya, Kabupaten Gresik telah menerapkan imunisasi Covid-19 berbayar di dua rumah sakit, yakni RS Wates Husada dan RS Petrokimia Gresik yang masuk sebagai imunisasi Covid-19 pilihan.

Capaian Sub PIN Polio di Jatim Lampaui Target, Tembus 105,93 Persen

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, dr Puspitasari Wardhani mengatakan, saat ini hanya dua rumah sakit tersebut yang menyediakan vaksin covid pilihan.

Namun, kata ia tidak menutup kemungkinan akan ada fasilitas kesehatan atau rumah sakit lain yang menyediakan pelayanan imunisasi di masa mendatang.

Tekad Khofifah Wujudkan Jatim Bebas Polio, Hari Pertama Capai 26,3 Persen

"Untuk sementara ini, imunisasi pilihan tersedia di RS Wates Husada Balongpanggang dan RS Petro Graha Husada. Tarifnya sekitar Rp280 ribuan," ujarnya, Kamis, 29 Februari 2024.

Pelayanan vaksinasi berbayar di dua rumah sakit ini, sambung dia, merupakan kelanjutan dari pelayanan yang telah dilakukan selama pandemi. Selain itu, pihaknya juga telah menyampaikan informasi pada beberapa fasilitas kesehatan lainnya untuk menyediakan imunisasi pilihan Covid-19.

Halaman Selanjutnya
img_title