Imunisasi Capai 31,6 Persen, Ini Penjelasan Dinkes Kabupaten Kediri

Ilustrasi Imunisasi
Sumber :
  • Istimewa

Kediri, VIVA Jatim – Program imunisasi di Kabupaten Kediri mencapai 31,6 persen. Dinas Kesehatan kabupaten setempat akan terus menggenjot imunisasi agar upaya memperkuat daya tahun tubuh balita di Kabupaten Kediri sesuai harapan.

Pemkab Kediri Hibahkan Lahan untuk Kejari Seluas 2,8 Ribu Meter Persegi

"Alhamdulillah untuk tahun 2023 sudah meningkat dan tahun ini sampai dengan bulan April 2024 kita mencapai 31,6 persen. Walaupun masih dibawah target, seharusnsya kita bisa mencapai 33 persen," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Kediri, dr Ahmad Khotib, dikutip VIVA Jatim, Kamis, 16 Mei 2024.

Khotib mengaku agak sedikit prihatin capaian ini tidak merata untuk seluruh wilayah. Termasuk ada wilayah capaian tinggi melebihi target, ada yang masih dibawah target.

Inspektorat Pastikan Tak Ada Penyimpangan Anggaran di Dinkes Kabupaten Mojokerto

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya kepada seluruh nakes bekerja keras serta minta dukungan semua komponen. Seluruh stakeholder terkait, pun juga Organisasi Perangkat Deerah (OPD).

Dinkes Kediri juga menggandeng semua tokoh masyarakat supaya seluruh anak-anak di Bumi Panjalu mendapatkan hak. Yakni untuk terbebas dari ancaman berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

60 Persen Calon Jemaah Haji Kabupaten Kediri Rentan Alami Hipertensi

"Kita harus bekerja keras untuk itulah kita minta dukungan dari semua komponen masyarakat. Dinkes tidak bisa bekeja sendirian," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, kebijakan pelaksanaan imunisasi sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa bagi anak diharuskan imunisasi lengkap. Total ada 11 imunisasi dari usia nol hingga kurang dari 1 tahun. Mulai PCG, TBC, Polio hingga Campak.

Halaman Selanjutnya
img_title