Tiga Sektor Ini Jadi Andalan Indonesia Go Internasional menurut Menparekraf

Sandiaga Uno mengunjungi Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Jakarta, VIVA Jatim – Negara-negara di dunia kini tengah berpacu dalam kerjasama internasional di bidang perekonomian. Tidak terkecuali bagi Indonesia yang sedari awal dikenal kaya akan sumber daya alamnya (SDA). Hingga kini telah banyak produk-produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Utamanya di bidang fesyen, griya dan kuliner.

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Hal demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf), Sandiaga Uno, saat membuka kegiatan Kelas Ekspor AKI dengan tema Pelatihan Manajemen Ekspor Impor dengan Simulasi, di Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Jakarta Barat, Jumat 1 Maret 2024.

"Jadi tugas kita bagaimana mendorong sektor fesyen kita agar lebih tinggi lagi ekspornya, sektor kriya yang juga jadi andalan kita juga lebih tinggi lagi. Kuliner yang belum terlalu dominan bisa lebih meningkat,” ujarnya, dikutip dari VIVA, Sabtu, 2 Maret 2024.

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Menurut Menparekraf Sandiaga, Indonesia memiliki kesempatan membuka pasar di Timur Tengah, yaitu produk-produk yang bisa dikonsumsi untuk haji dan umrah.

Namun, Sandiaga mengatakan untuk dapat meningkatkan ekspor ke luar negeri, diperlukan kolaborasi.

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

β€œDan di sini (Apreasi Kreasi Indonesia (AKI)) ada simulasi, nanti juga buyer-buyer itu kita arahkan bisa menentukan bahwa ini sudah layak atau tidak. Ternyata memang produk-produk fesyen dan kriya sudah sangat layak, tinggal kuliner jumlahnya masih sedikit tapi peluangnya sangat besar,” bebernya.

Lebih jauh, Sandiaga mengatakan, suatu produk dikatakan sudah layak ekspor apabila memiliki standar, konsistensi, dan memiliki desain yang baik. Sementara untuk kuliner, tentu saja dari cita rasanya.

Halaman Selanjutnya
img_title