Permukiman hingga Sekolah Diterjang Banjir di Kota Mojokerto

Kondisi banjir di Jalan Raya Meri, Kranggan, Mojokerto.
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Bencana banjir melanda di Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Akibatnya banjir merendam jalan, sebagian rumah penduduk, dan dua sekolah

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Salah seorang warga setempat, Kasdiantoro (58) menuturkan, banjir mulai masuk permukiman selepas subuh usai diguyur hujan pada Selasa, 5 Februari 2024 malam. Drainase tak mampu menampung kiriman air dari aliran Sungai Sadar

“Mulai subuh tadi, sempat surut jam 07.00 WIB lalu jam 08.00 air datang lagi dari sungai sebelah sini yang meluap dan dari Kenanten. Ketinggian sekitar lutut orang dewasa, sebagian masuk rumah sebagian tidak,” ungkapnya kepada Viva Jatim. 

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Ia menyampaikan, Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri ini memang menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba. Namun, banjir kali ini yang terparah. 

“Disini langganan tapi yang paling besar ini. Biasanya hanya di kebun-kebun dan halaman saja. Drainase fungsi tapi tidak bisa menampung,” ungkap Kasdiantoro. 

Jalur Pantura Pasuruan-Surabaya Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh Total

Selain rumah, banjir juga menggenangi SD dan SMP setempat. Akibanya, sekolah terpaksa memulangkan siswanya karena air masuk ke kelas. Hingga pukul 12.14 WIB, banjir tak kunjung surut. Akses ruas Jalan Raya Meri, Kecamatan Kranggan ditutup total. 

“Air masuk ke sekolah, siswanya tadi dipulangkan,” pungkas Kasdiantoro.