PDIP Kehilangan 1 Kursi di Dapil Surabaya, PSI Dapat Berkah di Kandang Banteng

PDIP dan PSI
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – KPU tingkat Jawa Timur selesai melakukan penghitungan manual di daerah pilihan (Dapil) I DPRD Jatim. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Dapil I yakni Kota Surabaya yang terkenal dengan dapil neraka itu, menghasilkan delapan caleg yang akan dilantik sebagai anggota DPRD Jatim periode 2024-2029.

Meski terkenal sebagai kandang banteng, di dapil Surabaya suara PDIP menurun dan mendapat 292.760 suara. Jika dikalkulasi pakai metode sainte lague maka suara yang diperolehnya itu hanya bisa mengangkat dua kursi. Padahal pemilu 2019 lalu, suara PDIP dapat mengangkat tiga kursi.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Perolehan suara diurutan kedua, dipegang Partai Gerindra 257.520 suara. Dihitung dengan metode yang sama Gerindra mendapat satu kursi.

Untuk PKB, membuntuti Gerindra di urutan ketiga dengan perolehan 187.639 suara. Disusul PKS yang mendapat 134.970 suara.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Di kursi kelima ada PSI yang berhasil mencetak sejarah duduk dikursi kandang banteng dengan perolehan 128.327 suara. Meski tergolong partai baru, suara PSI berhasil mengungguli Golkar yang mendapat 101.245 suara dan Demokrat 97.667 suara.

Dari ke delapan kursi hanya tiga kursi yang diisi oleh petahana. Dan lima kursi diisi oleh orang baru. Berikut ke delapan orang tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title