8 Juta Warga Muhammadiyah Jatim Salat Tarawih Malam Ini, Puasa Mulai Besok

Ketua PWM Jawa Timur Sukadiono
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal ramadhan 1445 hijriyah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024 besuk. Diketahui, malam ini sebanyak 8 juta Warga Muhammadiyah di Jawa Timur melaksanakan Salat Tarawih.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

“Malam ini seluruh masjid Muhammadiyah yang ada di Jatim akan memulai Salat Tarawih,” Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Sukadiono pada Minggu, 10 Maret 2024 siang.

Sukadiono melanjutkan, masjid-masjid Muhammadiyah yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim akan serentak menggelar Salat Tarawih berjemaah.

Mengenal Mbah Benu, Pemimpin Jemaah Aolia Gunungkidul yang Ngaku Telponan Sama Allah

“Kalau seluruh warga Muhammadiyah kurang lebih 8 juta, 20 persen daru penduduk Jatim, itu tersebar di 38 pimpinan daerah Muhammadiyah yang ada di kabupaten/kota, tentu yang paling banyak di Lamongan, dan Surabaya, Gresik dan Sidoarjo itu jumlahnya lumayan besar untuk masjid Muhammadiyah,” ucapnya.

Muhammadiyah, kata Sukadiono, memiliki cara sendiri dalam menentukan awal Ramadhan. Mereka melakukannya dengan metode hisab hakiki wujudul hilal.

Beredar Narasi Larangan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Kemenag Sebut Itu Tidak Benar

“Muhammadiyah itu memahami namanya hisab hakiki wujudul hilal, kami fahami asal hilal itu sudah lebih dari 0 derajat, itu berarti sudah wujud, nah kalau sudah wujud, meskipun hanya 0,55 derajat itu sudah masuk bulan yang berikutnya, dalam hal ini bulan Ramadan,” ucapnya.

Ia pun mengimbau agar Warga Muhammadiyah tetap menjaga kerukunan dan menghargai kelompok muslim lain, meski berbeda pendapat dalam hal menentukan awal Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
img_title