Menegangkan, Evakuasi Ratusan Penumpang KM Mutiara 1 yang Terbakar

KM Mutiara I terbakar di Selat Lombok.
Sumber :
  • Istimewa

JatimKM Mutiara I yang berlayar dari Kabupaten Banyuwangi menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbakar di Selat Lombok pada Rabu, 16 November 2022. Petugas gabungan SAR Nasional pun berjibaku mengevakuasi ratusan penumpang kapal nahas tersebut.

Bani, Pria Bernasib Malang Ditemukan Meninggal di Bengawan Solo Ngawi

Badan SAR Nasional mengerahkan empat kapal dalam evakuasi ratusan penumpang KM Mutiara Timur I yang terbakar. Penumpang yang berada di kapal yang terbakar itu dipindahkan ke Kapal milik TNI Angkatan Laut dengan menggunakan perahu karet oleh Basarnas

"Alut yang digunakan satu unit KN SAR Arjuna 229, satu unit RIB 03 Pos SAR Karangasem, satu unit RIB 02 Nusa Penida, dan palsar air," ujar Humas Basarnas Albert Wenno kepada wartawan dikutip dari VIVA pada Rabu malam. 

Tim SAR Gabungan Temukan Nakhoda TB Warso dalam Kondisi Meninggal

Kapal dinahkodai kapten William. Di mana rutenya Ketapang-Lembar. Butuh kurang lebih 56 menit Basarnas tiba ke lokasi. Puluhan personel dikerahkan dalam proses evakuasi ini. "Kebakaran di Kapal Mutiara Timur I, pada koordinat 08°20'298"S - 115° 41'641"E," kata dia. 

Albert menambahkan, Basarnas masih melakukan operasi SAR. Diketahui, Dikutip dari berbagai sumber Selat Lombok adalah sebuah selat yang menghubungkan Laut Jawa dengan Samudra Hindia. Selat ini terletak di antara pulau Bali dan Lombok yang berada di negara Indonesia. 

Hari Kelima Pencarian, 8 ABK KM Vision Global belum juga Ditemukan

Titik terpanjangnya terletak di pembukaan pada bagian selatan, dengan lebar hanya 18 km, tetapi pada pembukaan utara sepanjang 40 km. Total panjangnya ialah sekitar 60 km.