Hasil Pilpres telah Diumumkan, PBNU Serukan Semua Pihak Kembali Bersatu

Ketua Umum PBNU dan Jajaran pengurusnya
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimPasca Pemilu 2024 yang hasilnya telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyerukan semua pihak kembali bersatu. Gus Yahya juga mengimbau masyarakat memaknai pemilu sebagai prosedur memilih pemimpin lima tahunan.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

"Sejak awal kami sudah sampaikan, mari menjalani ini sebagai sekadar prosedur saja. Bukan antar pihak yang habis-habisan, tapi prosedur. Kita telah memilih, hasilnya sudah keluar," ujar Gus Yahya di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024. 

Menurut Gus Yahya, pemilu telah selesai. Para calon atau kandidat telah berkampanye untuk meyakinkan pemilih, dan sekarang hasilnya pun sudah diumumkan. Semua pihak diminta menerima keputusan ini, dan bila ada keberatan silakan disalurkan pada jalur hukum yang telah disediakan.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

"Hasilnya ini adalah suara kita yang mana dari perspektif agama merupakan ketentuan dari Allah SWT. Hal yang menyangkut kampanye, sudahlah ini sudah ada hasilnya. Gak perlu kampanye lagi, soal analisis atau diskusi, monggo saja," ujarnya.  

Gus Yahya kembali mengajak masyarakat untuk kembali bersatu dalam momentum Ramadhan.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

"Mari kita kembali (bersatu). Mari bermaaf-maafan dan kalau bisa kembali pererat kesatuan persatuan. Insyaallah siapapun yang akan memegang amanat atas pemerintahan ke depan bisa menjalankannya dengan baik. Kita bisa bersama mengawasi dan membantunya," ujarnya.  

Dalam kesempatan itu, KH Yahya Cholil Staquf mewakili PBNU menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo dan Gibran dalam Pilpres 2024, setelah KPU menetapkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu 20 Maret 2023.  

Halaman Selanjutnya
img_title