Gempa 6.0 SR Guncang Perairan Utara Tuban, Getaran Terasa hingga Surabaya

Peta lokasi gempa bumi di Perairan Utara Tuban
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Gempa bumi berkekuatan 6.0 SR terjadi di timur laut perairan Tuban, Jumat, 22 Maret 2024. Meski pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, getaran terasa hingga di Kota Surabaya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Gempa tersebut bisa dirasakan di beberapa sejumlah daerah lain, seperti Bawean, Jepara, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang dan Yogyakarta.

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto saat dikonfirmasi mengatakan, tempat tersebut sangat terasa karena berada di kedalaman 10 km dari atas permukaan laut.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

Sebelum ada gempa ini, laut tersebut juga beberapa tahun lalu mengalami gempa 6 SR lebih. Hanya saja tidak terasa karena berada di kedalaman 600 meter.

Hingga kini masih belum diketahui ada tidaknya kerusakan yang diakibatkan oleh gempa yang terjadi pada pukul 11.22 tersebut.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Di lain tempat, Gita, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengaku merasakan getaran gempa yang cukup membuatnya kaget saat bernaring di kamar kosannya sekitar pukul 11.23 WIB.

"Iya aku kaget, terasa sekali beberapa detik. Goyang-goyang," akunya kepada Viva Jatim.

Halaman Selanjutnya
img_title