April 2024 Calon Jemaah Haji Trenggalek Lakukan Manasik Haji, 77 Cadangan Diikutkan

Kasi PHU Kemenag Trenggalek, Agus Prayitno
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim- Salah satu tahapan Calon Jemaah Haji (CJH) selain melunasi pembayaran tahap dua yang jatuh tempo pada 26 Maret 2024 juga harus melakukan pengambilan kloter

Puluhan CJH Trenggalek Bermasalah, Gagal Berangkat karena Mengundurkan Diri

Usai mendapat kepastian kloter, CJH pada bulan depan akan melakukan Manasik Haji. Pun akan mengundang CJH cadangan sebanyak 77 orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Trenggalek, Agus Prayitno mengatakan untuk manasik haji langsung ditetapkan tiap kecamatan. Selain lebih fokus juga akan memudahkan jemaah yang berusia lanjut.

Mahasiswa Demo di Kemenag Trenggalek, Pertanyakan Penerapan PMA Pencegahan Kekerasan Seksual

"Setelah ini tanggal 18 April 2024 manasik haji kabupaten. Lalu, 22 sampai 5 Mei 2024 kita masing masing kecamatan. Cadangan ini ikut karena sewaktu-waktu berangkat dan harus punya bekal," ujar Agus Prayitno kepada VIVA Jatim, Sabtu, 23 Maret 2024.

Menurutnya manasik tingkat kecamatan tersebut masing-masing kecamatan itu minimal 40 jamaah. Ketika tidak melebihi atau kurang akan diikutkan konsorsium atau penggabungan dengan yang terdekat.

Layanan Kemudahaan Keimigrasian Calon Jemaah Haji Bakal Hadir di Solo dan Surabaya

"Kenap kok kita ambil 45 supaya CJH fokus. Sebab banyak CJH setahun lebih ikut KBIH, namanya orang tua malah blank mau berangkat, maka kita fokus," bebernya.

Agus mengatakan bahwa manasik ini menggunakan anggaran uang jamaah sendiri, sehingga wajib datang untuk mengikuti tahapan sampai selesai.

Halaman Selanjutnya
img_title