Aksi Terorisme di Rusia Ulah ISIS-K, Kelompok Ekstrem Sempalan Al-Qaeda dan Taliban

ISIS-K, pelaku aksi terorisme di Moskow Rusia
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA JatimAksi terorisme yang terjadi di kompleks gedung konser populer Crocus City Hall di dekat Moskow, Rusia pada Jumat lalu, 22 Maret 2024 disebabkan ulah Kelompok Teroris Islamic State atau ISIS-K. Kelompok ini telah menyerbu tempat tersebut dengan menggunakan senjata dan alat pembakar.

ISIS Ancam Bunuh Presiden Rusia Putin gegara Marah Anggotanya Disiksa

Kebrutalan mereka telah menewaskan setidaknya 115 orang dan 187 luka-luka berdasarkan laporan terbaru. ISIS-K mengakui bahwa pihaknya lah yang bertanggung jawab atas serangan itu. Lantas siapa sebenarnya mereka? Berikut ini penjelasannya dikutip dari VIVA, Selasa, 26 Maret 2024.

Negara Islam Khorasan (ISIS-K), yang namanya diambil dari istilah lama untuk wilayah yang mencakup sebagian Iran, Turkmenistan, dan Afghanistan, muncul di Afghanistan timur pada akhir tahun 2014 dan dengan cepat mendapatkan reputasi atas kebrutalan ekstremnya. ISIS-K muncul setelah para pemimpinnya memisahkan diri dari al-Qaeda dan Taliban.

Aksi Heroik Bocah Muslim Selamatkan Ratusan Orang dari Serangan Teroris di Rusia

Para pejuangnya menyatakan kesetiaan mereka kepada ISIS yang lebih kejam dan ekstremis dan melancarkan serangan di Irak dan Suriah, serta terhadap sasaran-sasaran di Barat.

“ISIS Khorasan adalah salah satu cabang pertama (di Asia Tengah) yang berjanji setia kepada ISIS,” kata Asfandyar Mir, pakar senior di Institut Perdamaian Amerika Serikat, melansir NPR.

Sadisnya Interogasi Pelaku Terorisme di Rusia: Telinga Dipotong, Kelamin Disetrum

Menurut Mir, kelompok tersebut berusaha membedakan dirinya di antara para pejuang jihad dengan mengadopsi pandangan dunia Islam radikal yang lebih militan dan tanpa kompromi dibandingkan para pesaingnya, termasuk al-Qaeda dan Taliban.

ISIS-K memiliki sejarah serangan, termasuk terhadap masjid, di dalam dan di luar Afghanistan.

Halaman Selanjutnya
img_title