TKI hingga Warga Tertipu Arisan Bodong di Bojonegoro, Kerugian Mencapai Rp 925 Juta

Korban arisan bodong melapor ke polisi
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Bojonegoro, VIVA Jatim – Sejumlah perempuan yang menjadi korban penipuan arisan bodong melaporkan AES ke polisi. Warga Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro itu dilaporkan karena diduga menggelapkan uang arisan milik para korban.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Kasus arisan bodong yang mengakibatkan kerugian sebesar Rp 925 juta itu, tak hanya warga Bojonegoro saja yang jadi korban. Namun, sejumlah warga yang berasal dari Surabaya Blora, Solo, Tuban, Jakarta, Bandung serta 4 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga bernasib yang sama.

Heri Tri Widodo kuasa hukum para korban arisan mengatakan ada dua kelompok korban arisan yakni kelompok membeli dan mengikuti dan sudah bergabung sejak arisan itu dibentuk pada tahun 2021 lalu.

Pengedar Uang Palsu di Bojonegoro Dibekuk, 150 Lembar Pecahan Rp100 Ribu Disita

Pada saat awal-awal dua kelompok yang menjadi anggota arisan tersebut tidak menaruh curiga kepada AES karena apa yang dijanjikan dapat dipenuhi. Seperti jika ada anggota yang dapat uangnya langsung dikasih.

"Awal-awal tidak ada yang dipermasalahkan karena berjalan sesuai. Tetapi lama-lama para korban ini curiga karena setiap kali ia dapat arisan AES hanya menjanjikan. Saat ini baru 21 korban yang kami dampingi dan tidak menutup kemungkinan masih banyak korban lainnya," kata Heri, Jumat 29 Maret 2024.

Guru Madrasah di Bojonegoro Cabuli 8 Muridnya saat Tidur di Asrama

Sebelum kasus ini dilaporkan, para korban sudah melakukan upaya perdamaian dengan meminta uang pada korban dikembalikan. Namun lagi-lagi AES hanya menjanjikan dan mau mencicilnya sebesar Rp 100 sampai 500 ribu.

Heri mengatakan, sistem arisan yang dijalankan oleh AES ini para korban tidak saling mengenal bahkan bertemu. Mereka hanya berkomunikasi lewat group dan melakukan pembayaran lewat transfer sebesar Rp 10 hingga 50 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title