Pengiriman Bantuan Korban Gempa ke Bawean Alami Kendala, Jokowi Diminta Turun Tangan

Truk pengangkut bantuan ke Bawean macet
Sumber :
  • Viva.co.id

Gresik, VIVA Jatim – Pengiriman bantuan berupa logistik untuk para korban gempa bumi di Bawean, Gresik mengalami kendala. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean meminta Presiden Joko Widodo turun tangan mengatasi hal tersebut agar penyaluran kembali lancar. 

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 30 Maret 2024, Ketua PCNU Bawean, Kiai Muhammad Fauzi Rauf mengatakan puluhan truk yang mengangkut bantuan logistik saat ini tersendat di Pelabuhan Lamongan. Hal itu karena minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Gresik-Lamongan ke Pulau Bawean. 

Kata Kiai Fauzi, setidaknya ada puluhan truk dan mobil bermuatan logistik bantuan berupa sembako tersendat tak bisa menyeberang karena antre. Dari informasi yang diketahuinya, truk-truk tersebut sudah dua pekan lebih menunggu. Tapi, tak ada kejelasan waktu bisa dimuat Kapal Motor Pelayaran (KMP) Gili Iyang.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Adapun Kapal Gili Iyang selama ini jadi satu-satunya kapal barang yang melayani distribusi pengiriman kebutuhan bahan pokok sembako ke Pulau Bawean dari Tanah Jawa.

KMP Gili Iyang

Photo :
  • Viva.co.id
Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Dia menyoroti dalam sepekan ini pengiriman tersendat akibat meningkatnya volume barang kebutuhan masyarakat imbas bencana gempa 6.5 magnitudo di Pulau Bawean, Jumat, 22 Maret 2024. Kondisi itu ditambah dengan jadwal Gili Iyang ke Bawean yang hanya dua kali dalam sepekan.

Kiai Fauzi menyinggung sepertinya langkah-langkah darurat belum dijalankan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Begitupun dari pihak PT ASDP Ferry Indonesia Ferry (Persero) selaku operator kapal.

Halaman Selanjutnya
img_title