5 Jurusan Favorit UIN Tulungagung, Manajemen Miliki Keketatan 1:15 Pendaftar

Suasana kampus UIN Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimPengumuman hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) bakal bisa diakses Selasa, 2 April 2024 mendatang. UIN Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung menjadi pilihan sebanyak 14 ribu pendaftar.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Dari situ, nampak pilihan-pilihan program studi (prodi) pilihan favorit atau terbanyak pendaftar. VIVA Jatim merangkum lima jurusan favorit dengan keketatan rata-rata 1:10 pendaftar. Sementara tertinggi ada 1:15 pendaftar dengan kuota yang disediakan.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Bagian Umum, UIN SATU Tulungagung, Ulil Abshor mengungkapkan untuk peminat di kampus peradaban ini khusus di jalur SPAN-PTKIN terbilang banyak.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

"Totalnya ada 14.204 di jalur SPAN-PTKIN tahun ini segitu dari 2.556 kuota yang tersedia," beber Ulil Abshor saat dihubungi, Minggu 31 Maret 2024.

Menurutnya dari sistem diketahui jumlah pendaftar yang memilih jurusan favorit siswa-siswi. Peringkat pertama ditempati oleh Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, disusul Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

"Kalau jurusan yang paling favorit Manajemen Bisnis Syariah. Kalau di urutan lima besar jurusan MBS, PAI, PGMI, Psikologi Islam," ujarnya.

Alumnus UIN Walisongo Semarang ini menambahkan perbandingan peminat tertinggi dengan jumlah kuota, ada di rata-rata 1 banding 10. Namun khusus Manajemen Bisnis Syariah memiliki keketatan 1:15, karena berbeda di kuota.

Halaman Selanjutnya
img_title