BMKG: Mayoritas Wilayah Jatim Alami Hujan Lebat Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat periode 3-18 April di sebagian besar Jawa Timur (Jatim), yang juga bertepatan dengan momen Mudik Lebaran 2024.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Kawasan yang berpotensi hujan lebat dalam periode tersebut, yakni Batu, Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kabupaten/Kota Kediri, Lumajang, Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten/Kota Malang, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten/Kota Blitar, Jember, Jombang, Lamongan.

Kemudian Kabupaten Pasuruan, Ponorogo, Situbondo, Surabaya, Bangkalan, Gresik, Sidoarjo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten/Kota Mojokerto, Trenggalek, dan Banyuwangi.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Taufiq Hermawan Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Juanda menjelaskan, potensi cuaca itu mengingat sebagian wilayah Jatim saat ini masih pada masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke kemarau.

“Kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya aktifitas gelombang atmsofer yang melintasi wilayah Jawa Timur yakni, Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin,” jelasnya dalam keterangan yang diterima VIVA Jatim pada Rabu 3 April 2024.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Dia menambahkan, suhu muka laut di perairan Jatim masih hangat, serta didukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembab, mulai lapisan bawah hingga atas mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif yang masif.

BMKG Juanda menghimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama selama posko lebaran.

Halaman Selanjutnya
img_title