Ratusan Fasilitas Layanan Kesehatan di Jawa Timur Disiagakan Sambut Mudik Lebaran 2024

Ratusan Fasilitas Layanan Kesehatan dan Nakes disiagakan untuk pemudik.
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok. Humas Pemprov Jatim

Suabaya, VIVA Jatim –Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menghadapi mudik lebaran tahun 2024. Pemprov Jatim telah menyiagakan ratusan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dan pos kesehatan. 

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Total ada sebanyak  428 rumah sakit, 972 puskesmas, 217 pos kesehatan serta griya sehat yang tersebar di 5 kabupaten/kota dan Public Safety Center (PSC) 119 yang tersebar di 35 kabupaten/kota. 

Sedangkan untuk 3 kabupaten/kota yang belum memiliki PSC 119 tetap disiagakan tim melalui dinas kesehatan kabupaten/kota.

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

"Ketersediaan fasyankes tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan para pemudik," ujar Pj Gubernur Adhy usai memberangkatkan Mudik Gratis di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta, Jumat 5 April 2024.

Selain fasyankes, Pj Gubernur Adhy menyampaikan, akan ada tim tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari dokter, perawat, sanitarian, nakestrad, driver dan ambulans, yang akan ditempatkan pada seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas. 

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

"Tim yang ada ini akan selalu standby 24 jam baik secara on site maupun on call," katanya

Sementara itu, berkaitan dengan kesiapan logistik, sarana dan prasarana bidang kesehatan, Adhy juga memastikan untuk melakukan pemenuhan obat-obatan atau emergency kit dan obat pertolongan pertama.

Halaman Selanjutnya
img_title