Menhub RI: Mudik Lebaran Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2024

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meyakini aktivitas mudik Lebaran akan berdampak signifikan terhadap peningkatan pergerakan ekonomi masyarakat.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

“Mudik memberikan pergerakan ekonomi yang baik sekali ke daerah. Artinya pergerakan dalam angkutan Lebaran menciptakan peluang dan manfaat yang sangat bernilai," kata Budi Karya dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 6 April 2024. 

Peningkatan pergerakan ekonomi masyarakat ini sesuai dengan data dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bahwa perputaran uang selama bulan Ramadan dan libur lebaran diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2024, dan diprediksi mencapai Rp157,3 triliun.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Kemudian, Budi mengatakan bahwa penyelenggaraan angkutan Lebaran merupakan salah satu bentuk ujian, tentang sejauh mana kemampuan Pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang bernilai strategis.

"Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan," katany

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Menurutnya, penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Berdasarkan hasil survei BKT Kementerian Perhubungan, potensi yang akan melalukan mudik adalah sebesar 193 juta, terdapat kenaikan 56 persen dibanding tahun lalu.

“Angka 193 juta itu sangat besar, namun Presiden Jokowi menginstruksikan mudik harus tetap dilaksanakan dengan baik. Memang angka survei ini juga memotret mereka yang bergerak di wilayah anglomerasi. Kita juga telah melakukan upaya untuk membuat ini lebih baik,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title