Mendekati Lebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Surabaya Malah Naik

Pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Wonokromo Kota Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Beberapa hari menjelang Lebaran 2024/1445 Hijriah, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok dan komoditas pangan di Surabaya merangkak naik.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Kenaikan harga terjadi mulai dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, hingga daging sapi di Pasar Keputran Utara, Pasar Pucang Anom dan Pasar Wonokromo, Minggu 7 April 2024.

“Harga cabai tidak bisa dipastikan, karena dalam semalam bisa naik dua hingga tiga kali lipat. Pagi ini harga cabai rawit Rp30 ribu per kilogram. Kemarin sore masih Rp20 ribu hingga Rp22 ribu,” ujar Salam, salah satu pedagang cabai di Pasar Keputran, Jalan Raya Urip Sumoharjo, Surabaya.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Dia mengaku jika naiknya harga cabai rawit disebabkan karena stok yang menipis dari petani. Ia juga membeberkan jika harga cabai merah berbeda-beda tergantung kualitasnya.

“Kalau cabai merah yang bagus Rp50 ribu, cabai merah biasa Rp40 ribu, kemudian cabai merah yang di bawahnya lagi Rp30 ribu per kilogram,” bebernya.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Selain cabai rawit, bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan harga. Sepekan yang lalu harga bawang merah Rp26 ribu, sekarang Rp38 ribu per kilogram untuk ukuran sedang dan Rp48 ribu per kilogram untuk ukuran besar.

Kemudian, harga bawang putih pada pekan lalu sebesar Rp38 ribu, dan saat ini naik menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Halaman Selanjutnya
img_title