Banyuwangi Pamer Program Perikanan di Festival Nelayan Tangguh 

Pemkab Banyuwangi gelar Festival Nelayan Tangguh 2022
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Angkat potensi perikanan, Pemkab Banyuwanvi menggelar Festival Nelayan Tangguh di Pantai Grand Watu Dodol (GWD), Selasa 21 November 2022. Beragam program peningkatan sektor perikanan pun digeber secara menarik. 

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Berbagai potensi perikanan, budidaya perairan, produk olahan, hingga kreativitas para nelayan ditampilkan dalam ajang tersebut. Seperti upaya konservasi terumbu karang, pengelolaan sampah pesisir, dan masih banyak lainnya. 

"Festival ini adalah bentuk apresiasi Pemkab untuk para nelayan yang telah berkontribusi besar terhadap perekonomian dan pembangunan Banyuwangi. Sekaligus menjadi ajang promosi untuk memasarkan potensi perikanan Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang hadir secara virtual. 

Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur Ucapkan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriyah

Pemkab, kata Ipuk, terus melakukan intervensi program untuk optimalisasi sektor perikanan, baik dari sisi SDM maupun penguatan ekonominya. Mulai melakukan konservasi ekosistem laut, pengembangan pariwisata, hingga membantu perekonomian daerah. 

Untuk itu, Ipuk menandaskan, Pemkab Banyuwangi terus berkomitmen mendukung penguatan kelembagaan nelayan. Karena menurutnya, penguatan kelembagaan sangat penting agar nelayan bisa semakin mandiri. 

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Baca juga: Tari Gandrung Makin Mendunia, 12 Pelajar Banyuwangi Tampil di London

"Dengan status kelembagaan yang jelas nelayan akan mudah mengakses permodalan melalui perbankan. Inilah yang terus kita dorong, selain kita juga terus mengimbau agar nelayan juga melakukan pengurusan ijin kapal," harap Ipuk. 

Halaman Selanjutnya
img_title