Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Tim Gegana Polda Jatim saat di lokasi kejadian
Sumber :
  • Viva.co.id

Bangkalan, VIVA Jatim – Sebuah rumah di Desa Sembilangan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur hancur gegara bahan petasan yang meledak. Jumat malam, 19 April 2024. Akibat peristiwa ini, satu orang dikabarkan meninggal dunia dan dua mengalami luka bakar.

Ziarah ke Makam Sunan Bungkul, Wakapolda Jatim Wakafkan 41 Alquran

Petugas gabungan dari Tim Inafis, laboratorium forensik serta Gegana Brimob Polda Jawa Timur, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lapangan. Sebelum petugas melakukan penyidikan, rumah tersebut diberikan garis pembatas atau police line serta disterilkan dari warga. 

Dikutip dari VIVA, Minggu, 21 April 2024, Hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya ledakan mercon susulan.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

"Olah TKP melibatkan tim dari Gegana Satuan Brimob, Inafis Ditreskrim Polda Jawa Timur untuk sterilkan TKP. Karena dimungkinkan terdapat bahan peledak petasan," kata Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Heru Cahyo Seputro pada Minggu, 21 April 2024.

Lanjutnya, kondisi di lapangan sudah steril dan petugas kemudian melakukan tindakan olah TKP. Dari olah TKP, petugas menemukan sejumlah kertas gulungan mercon yang belum diisi bubuk petasan, masing-masing jenis petasan diamankan oleh petugas.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

"Hasil dari olah TKP tim gabungan ini, ditemukan lima selongsong atau lima kertas gulungan petasan kosong di rumah yang hancur. Tetapi hanya selongsong, tidak ada serbuk atau bahan petasan," terangnya.

Berdasarkan dugaan sementara, menurut Heru, petasan yang meledak di dalam rumah diperkirakan terdapat sekitar satu kilo bahan mercon. Ledakan berada di ruang tertutup hingga rumah hancur.

Halaman Selanjutnya
img_title