Sidang Sengketa Pilpres 2024 Digelar Hari Ini, 7 Ribu Lebih Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK

Pengamanan ketat di MK
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi mengatakan sebanyak 7.783 personel dikerahkan guna mengawal sidang putusan sengketa hasil Pilpres (pemilihan presiden) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini Senin, 22 April 2024.

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

"Kami imbau masyarakat yang akan melintas di depan Gedung MK untuk mencari jalan alternatif karena akan ada aksi penyampaian pendapat," kata dia, Senin, 22 April 2024.

Ribuan personel itu ditempatkan di beberapa titik mulai dari Gedung MK, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu, hingga Monas (Monumen Nasional). Adapun yang diterjunkan adalah personel gabungan. Mulai dari TNI, Polri, hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini meminta, seluruh peserta aksi unjuk rasa yang hari ini melakukan aksi untuk menghormati hak masyarakat lain. Ade Ary minta supaya kegiatan penyampaian pendapat dilakukan secara kondusif.  

“Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang memberikan persetujuan di muka umum harap dipatuhi” kata dia.

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Polisi berharap semua pihak bisa menghormati MK. Dia juga mengingatkan kepada anggota yang bertugas supaya bertindak persuasif, tak terprovokasi dan mengedepankan negoisasi. 

"Jangan terpecah belah akibat berita hoax yang bersifat provokatif dan mari kita berdoa untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai dan bermartabat," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title