Ulat Bulu Serang Sekolah di Mojokerto, Sejumlah Siswa Alami Gatal-gatal

Ulat bulu serang sekolah di Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –  Hama ulat bulu ditemukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kranggan 3 Kota Mojokerto. Kondisi ini membuat para siswa dan guru resah. Pasalnya sejumlah siswa mengalami gatal-gatal pasca terkena serangan ulat bulu. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Kepala Sekolah SDN Kranggan 3, Djimin mengatakan, ulat-ulat bulu yang menyerang ini berasal dari pepohanan di sekitar sekolah. Menurutnya, keberadaan ulat bulu mengganggu proses belajar mengajar. Pasalnya, ada di antara anak-anak yang mengalami gatal-gatal. 

“Sangat menggangu (pembelajaran). Bagi anak yang terkena kita tangani dengan kemampuan kami,” katanya kepada wartawan, Kamis, 25 April 2024. 

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Ulat-ulat itu nampak menyebar dan berserakan di pepohanan serta halaman sekolah. Djimim menyebut, kondisi ini sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir. Namun, hari ini yang terparah lantaran ada sebanyak 5 mengalami gatal-gatal imbas terkena serangan ulat bulu.

“Hari ini terbanyak, 5 anak. Siang tadi setelah olahraga ada yang kena. Efeknya gatal-gatal. Walaupun tidak berbahaya tapi sudah diberi obat oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas,” ujarnya. 

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Tadi pagi, dilakukan penyemprotan dan pembasahan oleh tim Damkar Kota Mojokkerto di area sekolah. Sementara, seluruh siswa dipulangkan lebih awal.

“Besok juga akan dilakukan pemangkasan dan pemusnahan telur ulat yang terdapat di pohon. dengan dibantu berbagai pihak, saya berharap pembelajaran bisa kembali normal,” tutur Djimin. 

Halaman Selanjutnya
img_title