3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

Arus lalu lintas padat akibat aksi buruh di Kota Surabaya.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Sebanyak 3.500 personel gabungan dari TNI Polri bakal dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi buruh di Surabaya, Rabu, 1 Mei 2024.

Momen Forkopimda Jatim Potong Tumpeng Bareng Ribuan Buruh di Momen May Day

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, AKP Haryoko Widhi mengatakan, ribuan personel gabungan itu akan di sebar ke tiga titik lokasi aksi yang diprediksi bakal diikuti 8.000-an buruh.

"Estimasi massa aksi sekitar 5000-8000 an. Polrestabes [Surabaya] akan menyiapkan pola-pola pengamanan, seperti di titik kumpul Cito, Royal, KBS [Kebun Binatang Surabaya]," kata Haryoko, Selasa, 30 April 2024.

Peringatan Hari Buruh, Ketua Sarbumusi Nganjuk Soroti Sistem Kerja Outsourcing

Massa aksi besok diprediksi akan menggelar aksi di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo; Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan dan Kantor DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Kota Surabaya.

Sebelum memulai aksinya, para buruh dikabarkan akan berkumpul di Bundaran Waru, Sidoarjo. Tepat pukul 13.00 WIB, massa baru akan bergerak ke tiga titik tersebut melalui Jalan Raya Darmo.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

"Sudah kami siapkan kanalisasi dari Cito menuju ke titik aksi. Nanti tidak akan kita tutup total Jalan Darmo, tapi hanya sistem buka tutup sementara," tuturnya.

Haryoko menyebut, pihaknya menempatkan keseluruhan personil di 17 titik kanalisasi sehingga massa aksi buruh terus mendapat kawalan sampai ke tujuan.

Halaman Selanjutnya
img_title