Golkar Jatim Target 70 Persen Kemenangan di Pilkada Serentak 2024

M Sarmuji
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur memasang target kemenangan 70 persen pada pilkada serentak 2024 di 38 kabupaten/kota se Jatim. Tokoh yang disorongkan tercatat kader potensial.

Maju Pilkada 2024, Ketua DPRD Lamongan Siap Mundur

"Kalau menang secara umum, koalisi dengan partai lain tanpa melihat latar belakang mungkin 70 persen," kata Ketua DPD Golkar Jatim Mohammad Sarmuji, Senin 6 Mei 2024.

Ia menjelaskan, dari target kemenangan tersebut sebagian besar yang dipertarungkan merupakan kader Golkar sendiri. Ia optimis partai lain  akan mendukungnya. Sebab, kader Golkar yang akan berkontestasi merupakan sosok toko terkenal di daerahnya. 

95 PPK se-Tulungagung Dilantik, Tugas Pilkada 2024 Menanti

"Tapi kalau dirincikan lagi harus dari Golkar latar belakangnya, atau sumber utamanya Golkar, mudah-mudahan bisa 50 persen," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut.

Menurut Sarmuji, target kemenangan 70 persen tersebut tidak muluk-muluk. Sebab, sudah melalui pertimbangan matang, apalagi melihat kemenangan Golkar pada pilkada sebelumnya yang mendominasi. "Pilkada tahun lalu hampir 60 persen," tegasnya.

Nihil Pendaftar, Pilgub Jatim 2024 Dipastikan tanpa Calon Independen

Ada beberapa daerah yang sudah dipetakannya dan diyakini memperoleh kemenangan. Daerah-daerah tersebut di antaranya Tuban, Lamongan, Madiun, Pasuruan, Pamekasan, dan Sampang.

"Dengan kemenangan tersebut, saya yakin bisa menang semua baik pilihan pimpinan DPRD hingga pilihan kepala daerah," tegasnya.