30 Ribu Orang bakal Hadiri Pengajian Gus Iqdam di Surabaya, 1.970 Aparat Disiagakan

Gus Iqdam dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.
Sumber :
  • Dokumen Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Sebanyak 30 ribu orang diprediksi bakal menghadiri acara pengajian yang akan dihadiri pendakwah muda KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jumat, 10 Mei 2024. Karena itu, panitia menyiagakan 1.970 petugas gabungan untuk mengamankan jalannya pengajian.

Isu Poros Baru di Pilwali Surabaya: Gerindra Sodorkan Dhani, Golkar Siapkan Bayu

Pengajian akbar tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731. "Dari hasil rakor, ada total 1.970 personel gabungan yang akan diterjunkan untuk renpam pengajian akbar bersama Gus Iqdam di Taman Surya Balai Kota Surabaya," kata Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M Fikser, Rabu, 8 Mei 2024.

Ribuan personel tersebut terdiri dari 1.000 anggota Satpol PP Surabaya, 200 personel dari Polrestabes Surabaya, 200 personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan 50 personel dari Kodim Surabaya Selatan. Lalu dari 90 orang dari Dinkes, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) 150 personel, BPBD 100 personel, dan beberapa personel lain.

Jangan Lupa! Hari Minggu Rujakan di Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya

1.970 personel itu disebar di 13 titik. Tidak hanya di area dalam Taman Surya Balai Kota Surabaya, kata Fikser, juga diterapkan di luar atau sekitaran jalan area tersebut. Mulai dari Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Sedap Malam, Jalan Jimerto, Jalan Walikota Mustajab, Jalan Yos Sudarso, Jalan Pacar, Jalan Ketabang Kali Timur hingga perempatan Jalan Ambengan.

"Kami perkirakan ada sekitar 30.000 orang masyarakat atau jemaah yang hadir untuk mengikuti pengajian akbar bersama Gus Iqdam," terang Fikser.

Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19, Pemkot Surabaya Siapkan 2 Stadion

Untuk mendukung kelancaran acara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya itu menjabarkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan 18 LED videotron. Belasan LED itu dipasang di area dalam Taman Surya hingga beberapa jalan di kawasan sekitar.

Dia menjelaskan, pengajian Gus Iqdam dimulai pukul 19.00 WIB. Sebelum Gus Iqdam berceramah, kegiatan akan diisi penampilan hadrah dari Pusat Sabilu Taubah. “Gus Iqdam dijadwalkan mulai menyampaikan tausiyah agama sekitar pukul 21.20 WIB,” katanya.