Mengawal Ekosistem Pertembakauan dari Elemen Hulu-Hilir dalam Penyusunan Regulasi

Ketua Umum AMTI, I Ketut Budhyman.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jakarta, VIVA JatimEkosistem pertembakauan masih menjadi atensi kelompok, mulai dari petani tembakau, petani cengkeh, pekerja, pabrikan, hingga konsumen guna menjaga keberlangsungan komoditas ini. Semua elemen kompak meminta dilibatkan dalam penyusunan regulasi yang mengatur ekosistem pertembakauan. 

Pupuk Subsidi Komoditi Tembakau Dicabut Bikin Petani Tulungagung Kalangkabut

Ketua Umum Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI), I Ketut Budhyman dalam acara Halal Bi Halal Ekosistem Pertembakauan menjelaskan Di tengah situasi dan kondisi yang saat ini penuh tantangan, industri hasil tembakau (IHT) tetap memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa melalui penerimaan negara.

"Namun berbanding terbalik, masih banyak peraturan yang sangat membatasi bahkan menuju pada pelarangan total yang akan berdampak pada masa depan ekosistem pertembakauan," ujar I Ketut Budhyman diterima VIVA Jatim, Rabu, 8 Mei 2024.

Harga Bagus, Hasil Tak Mulus Petani Tembakau Tulungagung

Dirinya mengaku seluruh elemen ekosistem pertembakauan tidak anti-regulasi. Para petani tembakau, pekerja, petani cengkeh, dan seluruh stakeholder pertembakauan mendukung penuh cita-cita pemerintah guna melindungi dan mensejahterahkan masyarakat. 

Namun, menurut Budhyman yang perlu diingat adalah ada enam juta penghidupan yang bergantung langsung pada ekosistem pertembakauan. Ketika terjadi disrupsi sedikit, bisa dipastikan seluruhnya akan merasakan dampaknya.

97 Persen Pekerja IHT di Jatim dari Kaum Hawa, Jadi Tulang Punggung Keluarga

"Kami berharap pemerintah bisa mengakomodir aspirasi dari elemen hulu-hilir pertembakauan perihal regulasi yang mengelilingi ekosistem ini," tegasnya. 

Senada, Ketua DPD Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Barat, Suryana mengungkapkan tembakau merupakan bisa dikatakan komoditas yang dibenci tapi dirindu. Sebagai elemen paling hulu, petani tembakau takut kehilangan jati diri dan sawah ladangnya akibat peraturan yang melulu ingin mematikan tembakau di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title