Pasca Kecelakaan Bus Study Tour SMP Malang, Polda Jatim Rutin Pelatihan ESQ bagi Sopir

Polisi olah TKP kecelakaan
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Kecelakaan maut melibatkan bus rombongan study tour SMP PGRI Wonosari Malang dengan truk di Tol Jombang, Selasa, 21 Mei 2024, diduga akibat kelalaian sopir bus. Supaya peristiwa serupa tidak terulang, Kepolisian Daerah Jawa Timur akan mengundang Perusahaan Otobus (PO) untuk duduk bersama. 

Saat Anggota TNI-Polri Alumni AKABRI 94 Kompak Baksos ke Nelayan Surabaya

Direktorat Polda Jatim Kombes Pol Komarudin menegaskan pihaknya akan lebih sering memberikan pelatihan dengan metode ESQ atau Emotional Spiritual Quotient kepada para sopir bus.

"Mencegah berbagai kecelakaan lalu lintas tentunya kita terus melakukan upaya-upaya dari tahapan preventif sampai dengan penegakan hukum. Tahapan preventif salah satunya adalah mengumpulkan para PO kemudian juga para sopir-sopirnya juga. Nah kemarin konsep kegiatan yang kita lakukan adalah metode ESQ," kata Komarudin kepada VIVA Jatim, Kamis, 23 Mei 2024.

Polisi Ungkap Pemicu Polwan Bakar Suami di Mojokerto: Korban Suka Judi Online

Dia mengatakan, seminar ESQ sempat digelar beberapa waktu lalu di Surabaya menjelang Lebaran 2024. Ke depan kegiatan serupa bakal sering diadakan. Bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan pihak Jasa Raharja, para sopir bus dikumpulkan untuk mendapat pelatihan secara emosional maupun spiritual.

Melalui kegiatan ini, Komarudin berharap para sopir menjadi lebih bijak ketika mengemudikan kendaraan. Sebab, berdasarkan catatannya, angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur didominasi faktor human error.

Kasus Polwan Bakar Suami di Aspol Mojokerto, Briptu FN Jadi Tersangka

"Nanti secara bertahap akan kita terus lakukan. Target kita minimal setiap bulan akan ada pelatihan," lanjutnya.

Ia pun mengimbau para pengendara terutama sopir bus agar lebih berhati-hati ketika berkendara dengan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan senantiasa memeriksa kelaikan dan keselamatan kendaraan sebelum dioperasikan.

Halaman Selanjutnya
img_title