Erupsi Semeru, BPBD Jatim Fasilitasi 12 Titik Pengungsian dan Bantuan

Warga sekitar mengamati situasi erupsi Gunung Semeru
Sumber :
  • BNPB Lumajang

Jatim – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur saat ini menyiapkan 12 titik pengungsian yang tersebar di sejumlah wilayah paling aman dari erupsi dan awan panas gugusan Gunung Semeru. 12 titik pengungsian itu menampung setidaknya 2.219 jiwa. Tak hanya itu, berbagai bantuan juga mulai diterjunkan dan disebar ke sejumlah titik tersebut. Baik berupa logistik maupun lainnya. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim dan relawan telah bergerak menuju lokasi erupsi untuk melakukan penanganan evakuasi dan membantu penyiapan logistik  kepada masyarakat sekitar yang terdampak.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang, khususnya Bupati Lumajang guna mengawal langsung upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru," kata Khofifah dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Senin 5 Desember 2022.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Penanganan bencana Gunung Semeru ini menjadi prioritas utama Pemprov Jatim utamanya evakuasi para korban terdampak. Termasuk diantaranya kebutuhan para pengungsi.

"Tim BPBD Jatim sudah mulai mengirimkan bantuan baik kebutuhan pokok masyarakat terdampak maupun relawan," imbuhnya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Adapun lokasi pengungsian yang telah disiapkan antara lain SDN 4 Supiturang sebanyak 266 jiwa, Masjid Supiturang sebanyak 70 orang, Masjid Nurul Jadid Pronojiwo 70 orang, Balai Desa Oro-Oro Ombo sebanyak 217 jiwa, SMPN 2 Pronojiwo 100 orang, SDN 2 Sumberurip sebanyak 119 jiwa, Balai Desa Sumberurip sebanyak 228 jiwa, dan Balai Desa Penanggal sebanyak 131 jiwa. 

Kemudian di Pos Gunung Sawur, Ds. Sumberwuluh, Kec. Candipuro sebanyak 52 jiwa, Balai Desa Pasirian sebanyak 216 jiwa, Lapangan Candipuro sebanyak 150 jiwa dan Kantor Kecamatan Candipuro sebanyak 600 jiwa. Hingga saat ini pun, pihak petugas masih terus melakukan proses pendataan para pengungsi guna memaksimalkan bantuan. Data ini terus diproses sehingga dapat berubah sampai pendataan berakhir.

Halaman Selanjutnya
img_title