Trenggalek Kini Punya Shelter Sementara Tampung Anak Terlantar hingga Lansia

Shelter Rumah Aman Sementara Trenggalek
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Trenggalek, VIVA Jatim – Kabupaten Trenggalek kini memiliki 'Shelter' Rumah Aman Sementara. Rumah ini bakal menjadi tempat bagi anak, lansia terlantar hingga gelandangan dan pengemis (Gepeng).

Tim Pemenangan Risma-Gus Hans Dibentuk, Hasto: Ada Cawe-cawe Penguasa di Pilkada Jatim

Shelter Rumah Aman Sementara ini diresmikan oleh Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, bertempat di Jalan Raya Trenggalek-Tulungagung, tepatnya di Desa Karangsoko.

Menurut Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini sejalan dengan amanah Undang-Undang bahwa fakir miskin dan anak terlantar harus diperhatikan oleh negara. Sehingga Pemerintah Kabupaten Trenggalek mencoba hadir untuk bisa mengurai permasalahan sosial melalui mendirikan Shelter. 

Maju di Pilbup Tulungagung Lewat Parpol Lain, 2 Kader PDIP Diminta Copot Atribut Partai

"Tadi saya berdoa semoga shelternya kosoang. Artinya apabila kosong berarti tidak ada anak terlantar, tidak ada orang orang pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial yang harus kita layani. Dengan kata lain masyarakatnya sejahtera," ujar Mas Ipin, Kamis, 18 Juli 2024.

Mas Ipin menambahkan shelter ini juga merupakan salah satu ikhtiar, meskipun tadi kewenangan di kabupaten, pemkab tidak boleh punya panti. Sehingga Trenggalek hanya memiliki Rumah Aman Sementara atau Shelter. 

Alasan PKB bikin Poros Baru di Pilgub Jatim, tak Jadi Koalisi dengan PDIP

Namun ketika masih memiliki keluarga, Mas Ipin mengatakan tetap akan mengembalikan ke keluarga yang merawat. Apabila harus ke panti atau ke pusat rehabilitasi, pemerhati kesejahteraan sosial tidak terlunta-lunta di jalan.

Politikus PDIP ini berpesan kepada petugas yang ada di Shelter Rumah Aman Sementara supaya tetap menjaga sikap kepada yang menempati kelak siapapun yang singgah. Karena semua manusia harus diperlakukan sebaik-baiknya.

Halaman Selanjutnya
img_title