PDIP Masih Rayu Khofifah untuk Pilgub Jatim, tapi Juga Sodorkan Risma ke PKB

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Budi Sulistyono
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA JatimPDIP sepertinya masih berharap untuk ikut mengusung Khofifah Indar Parawansa di momentum Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Tapi di sisi lain partai besutan Megawati Soekarnoputri itu juga menyiapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas dan disodorkan ke PKB sebagai partai bakal koalisi.

Khofifah dan Dubes Amerika untuk Indonesia HE. Kamala Shirin Lakhdhir, Bahas Kerjasama Pendidikan

Ketua Harian DPD PDIP Jatim Budi ‘Kanang’ Sulistyono mengungkapkan, peluang untuk mengusung Khofifah di Pilgub Jatim masih terbuka lebar, apalagi PDIP sampai saat ini belum menentukan sikap siapa yang akan diusung.

Kanang mengaku partainya hingga kini menjalin komunikasi dengan Khofifah. ‘Kita merayu [Khofifah] tapi mungkin ada kesepakatan dalam kerja sama,” kata Kanang seusai acara penyerahan rekomendasi pasangan calon kepala daerah untuk 7 kabupaten/kota di kantor DPD PDIP Jatim di Surabaya, Selasa, 30 Juli 2024.

Perbedaan 3 Srikandi Cagub Jatim menurut Kiai Marzuki, Ada Keturunan Darah Biru

PDIP, lanjut Kanang, tidak menyodorkan kader untuk diposisikan sebagai bakal calon wakil gubernur kepada Khofifah. Sebab, Khofifah dan delapan partai pengusungnya sudah sepakat tetap menggandeng Emil Dardak sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Mereka, kan, sudah clear dengan Mas Emil,” ucap Kanang.

Khofifah Kagumi Komitmen PKS di Pilgub Jatim 2024: Luar Biasa

Di sisi lain, lanjut dia, PDIP juga mengerucutkan dua nama kader sendiri untuk digodok dan disaring, yakni Menteri Sosial yang juga mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma, dan mantan Bupati Banyuwangi yang kini menjabat Menpan RB Abdullah Azwar Anas. 

Nama Risma dan Anas bahkan diusulkan ke PKB sebagai partai yang juga belum menentukan sikap di kontestasi Pilgub Jatim dan kemungkinan besar akan berkoalisi dengan PDIP. Kanang meminta semua pihak bersabar. “Awal bulan Agustus [calon gubernur-wakil gubernur Jatim diumumkan],” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title