Hari Menanam Pohon, Khofifah Sokong Produktivitas Warga Trenggalek

Gubernur Khofifah serahkan bantuan alat pertanian di Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus membangkitkan peningkatan ekonomi masyarakat mulai dari sektor pertanian, kehutanan, dan industri. Salah satu caranya dengan menyerahkan bantuan alat ekonomi produktif kepada empat Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Trenggalek.

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Bantuan itu diserahkan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Provinsi Jawa Timur Sabtu 10 Desember 2022 di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi menjelaskan, bantuan sarana prasarana alat ekonomi produktif tersebut diharapkan dapat  meningkatkan produksi dan menjadikan nilai tambah sebesar 15 persen dari produksi sebelumnya.

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

"Selain itu, dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi masyarakat di daerah melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pedesaan di Kabupaten Trenggalek," kata Jumadi.

Dia mengaku, komoditas yang dikembangkan  di antaranya seperti kayu jati, sengon dan lainnya. Hasil hutan bukan kayu (HHBK) seperti aren dan bambu, termasuk pemanfaatan lahan di bawah tegakan berupa porang, empon-empon, garut, kopi,  jagung, buah-buahan,  serta jasa wisata alam/ekowisata. 

Lakukan Pencegahan secara Masif, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Trenggalek juga mempunyai potensi dalam pengembangan produksi tanaman kayu-kayuan dan hasil hutan bukan kayu (HHBK).

Bantuan dari Gubernur Jatim itu diharapkan untuk mendorong agar masyarakat dan kelompok masyarakat agar dalam menjalankan kegiatan usaha produktifnya sekaligus mampu memberi nilai tambah produk-produk yang dihasilkan kelompok.

Halaman Selanjutnya
img_title