Wujudkan Lansia Cerdas, MUI Jatim dan Tular Nalar Gelar Akademi Digital Lansia

Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menggandeng Tular Nalar menggelar kegiatan Akademi Digital Lansia
Sumber :
  • MUI Jatim

Surabaya, VIVA JatimEra digital yang semakin berkembang pesat, pemahaman teknologi menjadi kebutuhan bagi semua kalangan, tak terkecuali lansia. Teknologi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, mulai dari komunikasi, layanan kesehatan, hingga aktivitas sehari-hari seperti berbelanja atau bertransaksi secara online. 

MUI Minta Masyarakat tidak Kendor Boikot Produk Berafiliasi dengan Israel

Di tengah perubahan ini, lansia sering kali menjadi kelompok yang tertinggal, mengalami kesenjangan digital karena keterbatasan akses atau pemahaman.

Merenspons hal tersebut, Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga (PPRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menggandeng Tular Nalar menggelar kegiatan Akademi Digital Lansia pada Rabu 11 September 2024 di Kantor MUI Jawa Timur, Jalan Pagesangan Barat Surabaya.

5 Tantangan Koperasi Era Digital

Dr. H. Udji Asiyah, Ketua Komisi PPRK MUI Jawa Timur mengatakan bahwa pelatihan ini meliputi berbagai materi yang dibutuhkan para lansia untuk menjaga keamanan dalam berinteraksi di dunia maya. Di antaranya adalah pencegahan penipuan online, memahami hoaks, serta bagaimana memverifikasi informasi yang diterima melalui internet dan media sosial.

"Dengan tema Lansia Berbudi (Bugar Bersama Digital), Akademi Digital Lansia berupaya memberikan edukasi yang berfokus pada tiga aspek utama yaitu bugar menghadapi penipuan, bugar saat pemilu, dan bugar mengindra hoaks. Ketiga fokus ini dirancang untuk memberikan bekal kepada lansia agar lebih waspada dan cerdas di dunia digital," katanya didepan 100 peserta dari delegasi Komisi PPRK MUI Jawa Timur tersebut.

Atasi Perubahan Iklim, Schneider Electric Serukan Collaboration & Innovation for Impact

Ia menambahkan bahwa Komisi PPRK telah bekerja sama dengan Tular Nalar selama 3 kali. Di tahun 2021 digelar ToT untuk khusus ormas perempuan muslim tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Tahun 2023 kami laksnakana dua prgram Akademi Digital Lansia dengan fokus kepada akses aman, pintar dan cakap digital serta Sekolah Kebangsaan yang bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Surabaya. sedangkan tahun 2024 ini Akademi Digital Lansia kita fokuskan pada lansia bugar bersama digital," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title