Mahfud Bocorkan Tersangka Mafia Tambang: Pensiunan Jenderal TNI-Polri

Menko Polhukam, Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kasus mafia tambang hingga kini terus bergulir. Setelah sebelumnya menjerat Ismail Bolong, baru-baru ini Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa tersangka baru disinyalir muncul dari kalangan purnawirawan jenderal

Bukan Militer Negara Lain, KSAD Ungkap Ancaman Serius Pertahanan Indonesia

Mahfud juga menyebut bahwa dalam waktu dekat pihak kepolisian akan mengumumkan tersangka baru di kasus mafia tambang. Bahkan ia tak segan membeberkan bahwa dari sejumlah mafia tambang yang disangkakan, ada kekuatan dari kalangan TNI-Polri di belakang. 

“Mungkin sebentar lagi akan ada pengumuman tersangka,” kata Mahfud di kantornya, Sabtu 17 Desember 2022, seperti dilansir dari VIVA. 

Menko Polhukam: Situasi Usai Pemilu 2024 Masih Aman Terkendali

Sebelumnya ia mengaku telah menerima laporan dari sejumlah pihak bahwa kekuatan mafia tambang berasal dari pensiunan Jenderal TNI dan Polri. Hal tersebut, kata Mahfud, masalah beking mafia tanah maupun tambang illegal sudah lama terjadi. 

“Yang begitu tuh sudah lama. Kemarin saya tanya kepada Sesmenko ini, itu tentara kalau udah pension punya kekuatan apa Pak? Waduh laporan saya tuh banyak membeking orang, membeking mafia, jenderal ini lah, jenderal itu,” lanjut Mahfud. 

Hasil Pemilu 2024 Diumumkan 20 Maret Mendatang, Menko Polhukam: Masih Tetap, Belum Ada Perubahan

Meskipun yang menjadi beking mafia tambang terindikasi dari unsur purnawirawan jenderal TNI-Polri, Mahfud meminta agar aparat penegak hukum tetap menindak tegas. Ia pun terheran-heran kenapa pensiunan jenderal masih saja punya kekuatan meski sudah tak lagi aktif. 

“Kalau begitu saya bilang, ambil. Saya sampaikan ke polisi, ambil dong, orang udah pensiun kok masih ini, lalu mau menggunakan apa,” ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title