Pemkab Sumenep Gelontorkan Iuran BPJS kepada Ribuan Pekerja Rentan

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Tagline Bismillah Melayani yang diusung Achmad Fauzi dalam memimpin Kabupaten Sumenep direalisasikan dalam beberapa program pelayanan. Salah satunya menggelontorkan bantuan berupa iuran peserta program BPJS Ketenagakerjaan kepada 1.984 pekerja rentan

Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Warga Terlindungi, Pj Gubernur Jatim Kirim Bantuan ke Bawean

Dikatakan Fauzi, bahwa bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut berasal dari APBD Sumenep senilai Rp1,2 Miliar per tahun. Kemudian dibagikan kepada 1.984 pekerja rentan. Di antaranya 1.069 tukang/buruh, 450 tukang becak, 213 asisten rumah tangga, 128 sopir/ojek online dan 124 nelayan. 

"Pekerja rentan yang dimaksud adalah tukang becak, kuli bangunan, pembantu rumah tangga, ojek, hingga sopir. Kalau tidak salah ini baru pertama kali di Indonesia," kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat merealisasikan BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Rentan di Sumenep, Sabtu, 17 Desember 2022.

Politisi Bawean Minta Pemerintah Segera Bantu Korban Gempa

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa program Bismillah Melayani, khususnya bantuan berupa iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut diperuntukkan kepada pekerja rentan dengan usia maksimal 50 tahun. 

Bagi pekerja rentan lain yang tidak terjangkau program bantuan iuran tersebut, Fauzi meminta agar tidak risau. Sebab pihaknya telah memiliki program berobat gratis ke Puskesmas. Hal itu merupakan program Universal Health Coverage (UHC) untuk sistem penjaminan kesehatan. 

Ribuan Guru Ngaji dan Imam Masjid hingga UMKM Terima Bantuan dari Petrokimia Gresik

"Bagi pekerja rentan yang tidak menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan ini, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gartis. Mereka cukup menunjukkan KTP ketika butuh pengobatan di Puskesmas," katanya.

Program Bismillah Melayani ini, lanjut Fauzi, sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat pekerja rentan. Juga dalam rangka membantu kesejahteraan, dan membangun ketahanan rumah tangga menghadapi kejadian tidak terduga.

Halaman Selanjutnya
img_title