Kepulauan Masalembu Sumenep Belum Teraliri Listrik, Warga Temui DPRD Jatim

Warga Kepulauan Masalembu Temui DPRD Jatim
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Hingga saat ini, warga Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur masih belum bisa menikmati aliran listrik. Meski ada fasilitas mesin diesel, namun jumlahnya sangat terbatas untuk memenuhi pasokan listrik di pemukiman warga. 

Penjualan Listrik PLN di Jatim Tumbuh 6,79 Persen pada Triwulan I 2024

Sebab itu perwakilan warga Kepulauan Masalembu Sumenep mengadukan nasibnya kepada DPRD Jawa Timur di Surabaya pada Kamis, 5 Januari 2023. 

Koordinator Warga Masalembu, Ahmad Jauhari menuturkan bahwa ketersediaan pasokan listrik yang ada masih belum maksimal. Sebab masih menggunakan mesin diesel yang jumlahnya masih terbatas.

PT PLN Pastikan Pasokan Listrik PLTU Paiton Aman Selama Lebaran

"Selama ini masyarakat selalu menggunakan diesel untuk pemenuhan listrik. Namun, hal tersebut tidak bisa berjalan maksimal karena keterbatasan mesin diesel," ungkap Jauhari. 

Ia mengatakan, keberadaan pasokan  listrik yang cukup akan membantu perputaran ekonomi masyarakat. Sebab saat ini, hal apapun yang dilakukan masyarakat rata-rata bergantung kepada listrik.

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Oleh karenanya audiensi yang ia lakukan ini untuk mendorong DPRD Jatim menyambungkan komunikasi dengan pihak PLN untuk segera melakukan pembangunan listrik di Masalembu. 

"Sebenarnya pihak PLN akan membangun PLTS [Pembangkit Listrik Tenaga Surya] di Masalembu. Namun, sampai sekarang mulai tahun 2019 tak kunjung dibangun," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title