Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Warga di Mojokerto, Tak Ada Korban Jiwa

Pohon mangga tumbang akibat angin puting beliung di Mojokerto
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Bencana angin Puting beliung melanda Perumahan Canggu Permai, Dusun Balongsono, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Minggu 8 Januari 2023. Puluhan rumah warga dilaporkan rusak akibat diterjang angin puting beliung. 

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Supangkat mengatakan, berdasarkan keterangan warga setempat, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 18.15 WIB. Angin puting beliung berlangsung secara tiba-tiba tanpa disertai hujan sekitar 

"Menurut keterangan warga setempat angin puting beliung terjadi pada pukul 18.15 WIB dengan selang waktu 3 - 5 menit," katanya. 

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Adapun rumah warga yang rusak tersebar di RT 05 sebanyak 2 unit, RT 15 sebanyak 7 unit, RT 16 sebanyak 3 unit, RT 23 sebanyak 10 unit, dan RT 14 sebanyak 11 unit, dan teras Balai RW. Sementara yang mengalami rusak berat 2 unit, rusak sedang 20 unit, dan rusak ringan 11 unit. 

Selain bangunan, angin puting beliung tersebut juga menyebabkan Pohon jenis mangga berdiameter 30 sentimeter tumbang. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD Kabupaten Mojokerto telah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan asesmen dampak angin puting beliung. Untuk kerugian akibat bencana itu masih dihitung, sedangkan rumah warga yang rusak untuk sementara ditutupi dengan terpal. 

 "Petugas melakukan pemotongan pohon dan pemberian terpal pada atap yang rusak untuk penanganan awal," pungkas Djok