Keren! dari Tangan Kreatif Perempuan, Kerajinan Kuningan di Jombang Tembus Pasar Korea

Proses pembuatan kerajinan Kuningan
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –Kerajinan memang selalu menjanjikan keunikan-keunikan. Salah satunya seperti kerajinan cor kuningan karya Sri Lestari yang terletak di Dusun Sananselatan, Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang

Pesona Istri Shin Tae-yong yang Cantik Bak Artis Korea

Hingga kini, kerajinan kuningan milik perempuan berusia 52 tahun itu ternyata menjadi salah satu industri kreatif Indonesia. Pasalnya, kerajinan itu sudah menyebar ke berbagai daerah di tanah air. Bahkan hingga berhasil ekspor ke mancanegara

Kepada Redaksi Jatim.viva.co.id, Sri Lestari mengungkapkan tentang bagaimana proses pembuatan kerajinan berbahan dasar Kuningan ini dimulai. Ia memaparkannya dari proses mempersiapkan percetakan hingga alat-alat pemahat yang harus dipersiapkan. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

"Pertama kali ya kita siapkan dulu cetakannya kemudian lilin, terus siapkan cor, Kuningan dan las serta alat-alat lainnya," ujarnya pada Minggu, 15 Januari 2023. 

Ia mengatakan bahwa telah memproduksi berbagai bentuk kerajinan berbahan dasar kuningan itu. Biasanya kerjanin cor kuningan digunakan untuk hiasan rumah. Namun, mayoritas konsumen memesan berupa bentuk binatang. 

Tunjukkan Permainan Apik, Timnas Indonesia Kini Jadi Perbincangan Media di Korea Selatan

"Kebanyakan permintaan yang dari luar negeri itu rata-rata konsumen mintanya Kuningan yang berbentuk hewan atau binatang karena untuk dijadikan hiasan di ruangan," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa konsumen atau peminat kerajinan berbahan dasar dari Kuningan ini, menurut Lestari sudah cukup banyak, bahkan dalam setiap satu bulannya berhasil memproduksi mencapai puluhan. 

Halaman Selanjutnya
img_title