Acara Puncak 1 Abad NU Disebut Dihadiri 4,5 Juta Orang, Ini Fakta di Lapangan

Panitia menggelar konpres acara 1 abad NU di Sidoarjo.
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimPanitia Harlah dan Peringatan 1 Abad NU menyatakan bahwa sekira 4,5 juta orang menghadiri acara akbar tersebut yang digelar selama 24 jam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa, 7 Februari 2023. 

Buka Hotline 24 Jam, Cara Gubernur Jatim Tekan Kasus Kekerasan Seksual

Berdasarkan pengamatan VIVA Jatim di lokasi ketika acara puncak berlangsung dari Selasa dini hari hingga siang, massa tidak hanya berkumpul merapat di dalam dan di dekat Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Tapi juga menyemut di jalan-jalan mengarah ke stadion hingga radius lebih dari dua kilometer.

Saat itu, sekira pukul 01.00 WIB, VIVA coba menembus lautan massa Nahdliyin dari Jalan Ponti yang berada di sisi utara untuk berusaha masuk ke dalam GOR.

5 Beduk Raksasa Peringatan 1 Abad NU Hilang Usai Acara, kok Bisa?

Namun, karena massa menyemut, akhirnya gagal menembus kumpulan massa dan terbawa arus pergerakan orang ke arah Gerbang Tol di sisi barat stadion.

VIVA Jatim coba masuk melalui pintu barat stadion, juga gagal dan terbawa arus pergerakan orang hingga ke selatan stadion ke arah perempatan Ramayana di Jalan Pahlawan.

Alasan Maher Zain Batal Tampil di Puncak Satu Abad NU di Sidoarjo

Selama itu, waktu tempuh yang dilalui VIVA  Jatim dengan berjalan kaki tiga jam lamanya, saking padatnya massa. Padahal, jarak dari Jalan Ponti ke Jalan Pahlawan tak sampai dua kilometer.

Wakil Panitia Harlah dan Peringatan 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan menjelaskan, jumlah hadirin sebanyak itu karena acara itu digelar selama 24 jam. Dia menyebut metodologi penghitungannya secara kumulatif dari seluruh rangkaian acara.

Halaman Selanjutnya
img_title