Teken MoU, PT BIMA dan PT ABB Indonesia Kerjasama Kembangkan Potensi SDM di Pelabuhan

PT BIMA dan PT ABB
Sumber :
  • Viva Jatim/Yudha Fury

Jatim – PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) secara resmi telah menandatangani MoU dengan PT ABB Sakti Industri  (ABB Indonesia) di Gedung Nirwana Hotel Shangri-la Surabaya, Senin 13 Februari 2023. 

RPJPD dan RKPD Jatim Fokus pada Peningkatan SDM hingga Penurunan Angka Kemiskinan

Adanya MoU tersebut berkaitan dengan kolaborasi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas PT BIMA yang biasa bergelut dalam bidang peralatan pelabuhan dan suku cadang, khususnya di wilayah ex-Pelindo III dan nantinya diharapkan dapat ke seluruh Indonesia. 

Kerjasama saling menguntungkan ini juga  untuk mengembangkan inisiasi dalam pengembangan potensi SDM di Pelabuhan. Salah satunya dengan meningkatkan kemampuan pekerja yang terlibat dalam layanan pengelolaan pelabuhan di Indonesia. 

Pj Gubernur Jatim Punya IPRO Andalan untuk Perkuat Kerjasama dengan Vietnam

Dalam kerjasama ini nantinya, PT BIMA bertanggungjawab penuh atas penyediaan peralatan pelabuhan dan suku cadang beserta perluasan layanan pelabuhan. Layanan ini sendiri meliputi pekerjaan sipil, kelistrikan, dan mekanik. Dengan penyediaan segala kebutuhan yang tercukupi maka peningkatan SDM pun juga akan meningkat secara beriringan. 

"Sektor pelabuhan Indonesia berada  dalam transisi modernisasi dan digitalisasi modernisasi serta digitalisasi, sehingga besar harapan kami, melalui kolaborasi ini, kami dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan adopsi digital tetapi yang lebih penting lagi, meningkatkan ketangguhan dan kinerja operasional PT BIMA secara keseluruhan", ujar Gerard Chan, President Director dan Country Holding Officer PT ABB Indonesia. 

Pj Gubernur Jatim Punya IPRO Andalan Guna Perkuat Kerjasama dengan Vietnam

Lebih lanjut Gerard Chan menambahkan bahwa kerjasama ini dinilai sangat penting lantaran bisa dijadikan untuk mencapai standar baru di wilayah pelabuhan dengan hadirnya SDM yang mumpuni dalam bidangnya masing-masing, khususnya untuk mengatasi tugas tugas operasional dan administrasi di pelabuhan. 

Sementara itu, Direktur Utama PT BIMA, Andriyuda Siahaan menerangkan, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah langkah penting guna mendukung kerjasama tersebut. Hal ini diwujudkan melalui serangkaian upaya transformasi digital dan pengembangan kapasitas dalam beberapa tahun terakhir dan kedepan juga akan dilakukan langkah yang sama. 

Halaman Selanjutnya
img_title