AOI Dorong Milenial Menjadi Petani Organik Demi Keberlangsungan Pangan

Pelatihan Organic Youth Camp (OYC) 2023 di Mojokerto
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Aliansi Organis Indonesia (AOI) mendorong milenial di Mojokerto menjadi petani organik melalui pelatihan Organic Youth Camp (OYC) 2023. Sejumlah milenial usia 20 hingga 35 tahun turut mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Vila Narwastu, Desa Claket, Kacamatan Pacet selama empat hari. Selasa, 21 Februari 2023.

Gus Sadad Gelar Tadarus Politik Milenial Lagi: Tanggung Jawab Siapkan Pemimpin

Pelatihan OYC ini berkolaborasi dengan Perkumpulan Brenjonk, Wehasta, dan Twelve’s Organic. Para petani milenial mengikuti rangkaian materi pertanian organik, praktik dan kunjungan lapangan.

Direktur AOI, Pius Mulyono mengungkapkan, ada beberapa tujuan kegiatan OYC ini digelar. Pertama, AOI ingin memberikan semangat bagi generasi muda yang memilih bergelut di bidang pertanian. Kedua, memastikan penyedia pangan berkelanjutan tetap ada di tangan petani. 

Ketum PSI Kaesang Safari Politik ke Surabaya, Disambut Konvoi Anak Motor

"Ada keluhan hampir di seluruh wilayah Indonesia itu petaninya tua-tua, AOI berupaya memberikan kontribusi dan memberi semangat generasi muda untuk tertarik dalam bidang pertanian. Apapun pilihannya, baik milih sektor hulu mapun sektor hilir," katanya kepada wartawan di lokasi.

Pius meyakini, petani organik mampu menjawab tantangan krisis iklim yang saat ini tengah terjadi. Meskipun sebenarnya dirinya menyadari sektor pertanian menjadi salah satu penyumbang pemanasan global. 

Khofifah Gandeng ITS dan Unicef Resmikan Program Digital Skill

"Tujuannya para petani muda mempunyai pengetahuan tentang pertanian organik, kesadaran akan krisis iklim dan kemampuan berinovasi mengembangkan bisnis pertanian organik. Harapan kami, mereka dapat menerapkan dan menularkan semangat pertanian organik di daerah masing-masing," ungkapnya. 

Para petani organik, akademisi, praktisi, pengusaha dan aktivis organik menjadi narasumber pelatihan ini. Kabupaten Mojokerto dipilih menjadi tempat OYC salah satunya karena mempunyai banyak petani organik. Antara lain Brenjonk, Wehasta dan Twelve’s Organic. 

Halaman Selanjutnya
img_title